Kamis, 05 Juni 2008

Jangan buru buru

Tergesa-gesa tidaklah produktif
Haste makes waste

Seorang murid bela diri kungfu pergi menemui gurunya dan berkata dengan semangat: “ Saya siap mencurahkan waktu dan pikiran untuk mempelajari system beladiri anda. Berapa lama lagi saya untuk menguasainya?”

Guru Beladiri itu menjawab sambil berlalu: “Sepuluh Tahun.”

Dengan tidak sabar, murid itu menjawab:” Tetapi saya mau menguasainya lebih cepat daripada itu. Saya akan bekerja dengan sangat keras. Saya akan berlatih setiap hari, sepuluh jam atau lebih bila perlu. Berapa lama bagi saya untuk menguasainya?”

Guru itu menjawab : “Dua puluh tahun”

PESAN

Dalam hidup , kita seharusnya memusatkan perhatian pada hal-hal yang bermanfaat. Kalau memusatkan perhatian pada sisi-sisi yang salah, usaha kita akan sia-sia. Kita akan membuang waktu dan tidak fokus.Untuk menguasai sebuah ilmu pembelajaran harus difokuskan kepada teknik, metode, dan teori, bukan pada waktu akan menguasainya. Fokus diri untuk menguasainya adalah salah karena tidak efektif dan efisien.

0 komentar: